Tuesday, April 16, 2013

HARLAH PMII KE-53

Inilah kami wahai Indonesia
Satu barisan dan satu cita
Pembela bangsa, penegak agama
Tangan terkepal dan maju kemuka
Habislah sudah masa yang suram
Selesai sudah derita yang lama
Bangsa yang jaya
Islam yang benar
Bangun tersentak dari bumiku subur

Denganmu PMII

Pergerakanku
Ilmu dan bakti, ku berikan
Adil dan makmur kuperjuangkan
Untukmu satu tanah airku
Untukmu satu keyakinanku
Inilah kami wahai Indonesia
Satu angkatan dan satu jiwa
Putera bangsa bebas meerdeka
Tangan terkepal dan maju kemuka

Denganmu PMII
Pergerakanku
Ilmu dan bakti, ku berikan
Adil dan makmur kuperjuangkan
Untukmu satu tanah airku
Untukmu satu keyakinanku


Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merupakan salah satu lingkaran kecil dari beberapa agen perubahan sejarah bagsa Indonesia. Terbukti salah satu keberhasilan sejarah yang tercipta adalah bentuk perjuanagn riil bagaimana para pendahulu kita bersatu padu merebut kemerdekaan bangsa ini. 53 tahun sudah keterlibatan PMII dalam membangun negeri ini. Tentunya waktu yang tidak sedikit untuk membuat kita bisa belajar merefleksikan kembali bagaimana membuat pondasi sebuah organisasi pergerkan yang betul-betul pergerakan. Dalam catatan sejarah panjang terciptanya Negara Bangsa Indonesia mungkin terlalu luas untuk bisa kita ambil pelajaran darinya, dengan segala kompleksitasnya pengalaman pra-kolonial-kolonial yang panjang dan percepatan perkembangan global pasca perang dingin telah membentuk aneka rupa gejala ekonomi, politik, pertahanan dan sosial-budaya terlalu sulit untuk bisa kita mengerti dan kita cerna. Akan tetapi bukan berarti kita tidak bisa untuk mengurai demi tuntutan warisan perjuangan para nenek moyang kita untuk memberikan jawaban atas segala persoalan kebangsaan kita. Dengan segala keterbatasan tidak mengurangi niatan kita untuk bisa terus exsis. PMII bertekad untuk memerdekakan bagsanya dalam arti kemerdekaan yang sesungguhnya. Maka dari itu PMII membutuhkan individu-individu yang tergerak dan mau bergerak untuk melakukan sesuatu demi cicta-cita bersama dalam bentuk; ”pribadi muslim yang bertaqwa kepada Alloh SWT, berbudi luhur, berilmu cakap, dan bertanggung jawab mengamalkan ilmunya dan berkomitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekan Indonesia”, atau biasa kita sebut sebagai KADER ULUL ALBAB. Karena itulah dibutuhkan sosok kader penerus untuk mampu menjawab ruang macam apa sesungguhnya yang bisa menjadi medan gerak dan medan pertarungan PMII? bagaimana strateginya? siapa pelakunya? siapa kawan dan lawanya? Dalam melangkah tidak bisa dilaksanakan secara gratis, diperlukan rekayasa dalam hal ini adalah pendidikan dan pengkaderan. Maka dari itu kita harus ingat-ingat kembali tujuan dasar kaderisasi PMII, untuk apa kaderisasi dilakukan? apa tujuanya? bagaimana metodenya? apa materinya? apasaja buku-buku referensinya? siapa instruktur dan pematerinya? bagaimana distribusi kadernya? melihat kembali dan merekonstruksi ulang, seberapa besar input dan pengalaman gerakan yang di punyai kader-kader PMII? Karena pengkaderan merupakan denyut nadi organisasi, proses pengkaderan adalah mesin produksinya yang juga menjadi tulang punggung bagi kontinuitas gerakan.

Hari ini tepatnya 17 April 2013, 53 tahun sudah PMII exis dengan keterlibatannya dalam membangun negeri Indonesia. Pergerakannya yang tidak pernah sirna dari setiap individu-individu kader PMII serta selalu komitmen, idealis, nasionalis, agamis dan sosialis terus memperjuangkan rakyat Indonesia dan bangsa Indonesia menjadi Negara dan bangsa yang merdeka dengan sesungguhnya merdeka.

Selamat Ulang tahun yang ke-53, dengan harapan semoga PMII kaya akan kader-kader yang tetap dan terus dan benar-benar siap untuk memperjuangkan kerakyatan dan keadilan warga Negara Indonesia. Untukmu satu tanah airku, untukmu satu keyakinanku.


Editing by M.Zainudin

sumber01
  
Jika hatimu tergetar dan marah melihat ketidak-adilan….Engkaulau Saudaraku  
Dan jika hatimu tergetar dan marah melihat banyak penindasan….Engkaulah Kawanku
{PMII KOMISARIAT STAIN Tulungagung}




Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: HARLAH PMII KE-53; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

2 comments: